Senin, 09 Juli 2012

SCANNING CURRICULUM


SCANNING CURRICULUM
SMPN 1 WATES

CLASS VIII / SEMESTER I

No
COMPETENCE STANDART

BASED COMPETENCE

SUPPORTING MATERIAL


THEME
1.









Mendengarkan / listening.
Memahami percakapan transaksional dan             interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
1.1.Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional [to get things done]dan interpersonal [bersosialisasi]sederhana secara akurat,lancar,dan berterima untuk berinteraksi dg lingkungan sekitar yg melibatkan tindak tutur
a. merespon ungkapan meminta,memberi,menolak jasa
    b  merespon ungkapan  meminta,memberi ,menolak barang
    c.mengakui,mengingkari fakta
   d .merespon ungkapan.meminta dan memberi pendapat

1.2.Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,lancar,dan berterima untuk berinteraksi dg lingkungan sekitar yg melibatkan tindak tutur:
     a. merespon ungkapan mengundang, menerima dan menolak ajakan.
     b. merespon ungkapan menyetujui/tidak menyetujui
    c. merespon ungkapan memuji
    d. merespon ungkapan memberi selamat

meminta,memberi,
menolak jasa:
A:Let me help you.
B:Thank you so  much.
meminta,memberi,
menolak barang:
A:Can I have a bit?
B:Sure, here you are
Mengakui,meng
ingkari fakta:
- Yes, I did that.
- No, it wasn’t me.
Meminta dan memberi pendapat:
A: What do you think of this?
B: Not bad.

Mengundang,menerima dan menolak ajakan:
A:Would you come to my party?
B:I’d love to.
    I want to, but.....
Menyetujui/ tidak menyetujui:
A:I do agree.
B:Thank you for the     support.
Memuji:
A:You have beautiful hair.
B:Thank you.
Memberi selamat:
A:Happpy birthday.
B:Thank you.
- Friend
   ship

- Travel
2
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek    sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar







2.1.Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan  sekitar.
      a.mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan
     b.mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa undangan

2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk deskriptive dan recount.
       a.mengidentifikasi informasi /makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount.
       b.Mengidentifikasi teks   fungsional dan langkah  retorika teks descriptive dan recount


- Undangan
- Pesan singkat
- Pengumuman











- The simple present tense

- The simple past     tense
- verb II

- The simple past continuous tense.
- was, were
















- Travel
3.







Berbicara / Speaking
.mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional  dan   interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar   
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional [to get things done]dan interpersonal[bersosialisasi]sederhana dg menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
      a. bertanya dan menjawab tentang.meminta memberi menolak jasa
      b. bertanya dan menjawab tentang.meminta memberi menolak barang
      c. bertanya dan menjawab tentang.mengakui mengingkari fakta
      d. bertanya dan menjawab tentang.meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional[to get things done]dan interpersonal[bersosialisasi]sederhana dg menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar dan berterima utk berinteraksi dg lingkungan sekitar yg melibatkan
      a. bertanya dan menjawab tentang mengundang, menerima dan menolak ajakan
      b. bertanya dan menjawab menyetujui /tidak menyetujui
      c. bertanya dan menjawab  tentang.memuji.
      d. bertanya dan menjawab tentang  memberi selamat


Modals auxilaries:
-          can
-          may
-          must
-          etc.



Yes/ no answer




















-          Could ,
-          Would,


-          agree
-          disagree



- Flora      dan Fauna
4
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk deskriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 








.1 Mengungkapkan makna dlm bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    a. mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan
    b. bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentang teks fungsional pendek berbentuk undangan
4.2 Mengungkapkan makna dlm monolog pendek sederhana dg menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dg lingkungan sekitar dlm teks berbentuk deskriptive dan recount.
       a. bertanya dan menjawab berbagai informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk:Recount
       b. melakukan monolog pendek dalam    bentuk recount




5.


Membaca
( reading)                                                  memahami makna teks tulis fungsional dan essay pendek    sederhana berbentuk deskriptive dan recount yang berkaitan dg lingkungan sekitar









5.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan essei berbentuk deskriptiv dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan,tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
       a. membaca dengan nyaring dan bermakna fungsional pendek berbentuk undangan
       b. mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsionalpendek berbentuk undangan
5.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat,lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
       a.mengidentifikasi fungsi sosial teks fungsional pendek berbentuk undangan
       b.mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana secara akurat,lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk deskriptive dan recount.
       a. makna gagasan
       b. makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
       c. langkah retorika teks descriptive dan recount
       d. tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
       e. ciri kebahasaan teks descriptive dan recount


- Undangan
- Pesan singkat
- Pengumuman
- Notices





















- Degrees of   comparison

6.













Menulis (writing)
mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan essei   pendek sederhana berbentuk deskriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 

6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan linkungan sekitar
        a.melengkapi rumpang teks fungsional pendek
        b. menyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna
        c.menulis teks fungsional pendek

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk deskriptive dan recount
       a. melengkapi rumpang teks essei pendek berbentuk descriptive
       b. menyusun kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptive
       c .teks tulis




CLASS VIII / SEMESTER II

NO
COMPETENCE STANDART
BASED COMPETENCE
SUPPORTING MATERIAL
THEME
1.
Mendengarkan / listening.
7.      Memahami makna dalam percakapan transaksional pendek sederhana untuk berinteraksi denagan lingkungan sekitar.
             Merespon makna  yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal ( bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat melibatkan tindak tutur:
a. Merespon ungkapan meminta,  memberi, menolak jasa
b. Merespon ungkapan meminta, memberi, dan menolak    barang
c. Merespon ungkapan        meminta, memberi dan mengingkari informasi
d. Merespon ungkapan                             meminta, memberi, menolak pendapat
e. Merespon ungkapan meminta, menerima, menolak tawaran 
             Merespon makna  yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get thing done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat melibatkan tindak tutur:
      a. Merespon ungkapan                                   meminta, memberi persetujuan,  
  b. Merespon ungkapan pernyataan,
     c. Merespon ungkapan memberi perhatian terhadap   pembicara,
   d. Mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan,
      e. Merespon ungkapan       mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
1.Modal      Auxilaries:
-          Can,
-          May
-          Must
-          Shall
-          Will
-          Could
-          Would
-          Should
2. Command
3. Request










1. Yes / No question
2. Ucapan terima kasih















Teenage life


































2.
8.      Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
             Merespon makna  yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
       a. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek undangan, pengumuman, pesan singkat
       b. Mengindentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional pendek.
             Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount.
       a. mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog naratif.
       b. mengidentifikasi tujuan komunikatif teks naratif.


1.Undangan
2 Pesan  singkat
3.Pengumuman













1. The Simple Past tense
2. The Simple Past Continuous Tense
3. Conjunction


3.
Berbicara / Speaking
9.      Mengungkap
kan makna dalam percakapan transaksional dan interpeersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
             Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
      a. bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi, menolak      jasa, 
      b. bertanya dan menjawab tentang       meminta, memberi, menolak barang,
      c. bertanya dan menjawab tentang                         meminta, memberi dan mengingkari informasi,
      d. bertanya dan menjawab tentang                            meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
      e bertanya dan menjawab tentang                              menawarkan, menerima, menolak sesuatu.

             Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
       a. bertanya dan menjawab tentang                                    meminta, memberi persetujuan,
       b bertanya dan menjawab tentang                                   merespon pernyataan,
       c.bertanya dan menjawab tentang                                      memberi perhatian  terhadap bicara,
       d. mengawali, memperpanjang, dan             menutup percakapan serta  
       e.mengawali, memperpanjang, dan    menutup percakapan telepon


1.Modal      Auxilaries:
-          Can,
-          May
-          Must
-          Shall
-          Will
-          Could
-          Would
-          Should
2. Command
3. Request
















1. Yes / No question
2. Ucapan terima kasih






4.
10.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
               Mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
        a. mengungkapkan secara lisan teks fungsional:
             - pengumuman
             - undangan
             - pesan singkat
      b. bertanya dan menjawab secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat

                   Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative.
         -. melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk narrative dan recount


1.Undangan
2 Pesan  singkat
3.Pengumuma n


- Recrea
   tion
- Health
5.
Membaca/ Reading
11.  Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
               Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berteima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
        a. membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk narrative/ recount.
        b.mengidentifikasi berbagai  makna teks narrative/ recount.
        c. mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative/ recount.
        d. mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative/ recount.
               Merespon makna  dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
       a. mengidentifikasi berbagai  informasi dalam teks fungsional
       b. mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional
     c. mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional
               Merespon makna  dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan  dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
      a. membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk narrative/ recount.
      b. mengidentifikasi berbagai makna teks narrative/ recount.
      c. mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative/ recount.
     d. mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative/ recount 


1. The Simple Past  tense
2. The Simple Past Continuous Tense
3. Conjunction






1.Undangan
2 Pesan  singkat
3.Pengumuman


-Season
-Fable
-Folklore

6.
Menulis / Writing
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana  berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks  fungsional pendek sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
         a. menulis teks fungsional berbentuk
            - pengumuman
            - undangan
            - pesan singkat

12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative
a. menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah retorika yang benar.


1.Undangan
2 Pesan  singkat
3.Pengumuma n














1. The Simple Past tense
2. The Simple Past  Continuous Tense










BASED COMPETENCE
Kompetensi Dasar

COMPETENCE STANDART
( Standar kompetensi)
MATERIAL


 A.1. Meminta, memberi, menolak          barang,
     2. meminta, memberi, menolak            pendapat,      
--     3. menawarkan/menerima/
      menolak sesuatu.


B.1.Meminta, memberi, menolak jasa,
2. Meminta,memberi menolak barang,
3.meminta, memberi dan mengingkari informasi,
 4.meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
5.  menawarkan / menerima / menolak sesuatu




C1Meminta, memberi persetujuan      2.merespon pernyataan,
   3. memberi perhatian terhadap           pembicara,
   4.mengawali, memperpanjang,    dan menutup percakapan,
   5.mengawali,   memperpanjang, dan menutup  percakapan telepon



1.Modal      Auxilaries:
2. Command
3. Request
1. Yes / No question
2. Ucapan terima kasih






1. Mendengarkan / Listening
2. Berbicara /
    Speaking


1. A: Can I have a bit?
    B: Sure here you are.
2. A: Do you think it is good?
B: I think so.
3. A. Would you like some tea?
B: Yes, please. /
 No, thank you.

1. A: Do you mind lending me some money?
B: No problems.
2.  A: Can I have a bit?
 B: Sure here you are.
3.  A: Do you like it? Have you done it?
     B: Yes, I do./ No, I haven’t.
4.  A: Do you think it is good?
     B: I think it is so. /
 Sorry I can’t ay anything.
5.  A. Would you like some tea?
 B: Yes, please. /
  No, thank you.
1.  A: What if we do it again?
     B: Fine with me.
2.  Do you have to?
3.  Right / I see / Hm mm ../      Yeah
4.  Hello, excuse me ....
     Did you ? Were you?
     Thanks / Bye / See you
5. Could I speak to ..... please?
    Well I’m calling to.
     Nice talking to you.
   
1.- Can, may, must, shall, will, could, would, should.
2.- Take me some chalk!
3.- Would you take me some tea?
4.- Yes, thank you. / No, thanks.
5.- Thank you / thanks.
     




1. Recount text
    - The simple past tense
    - The simple past continuous
       tense










1. Mendengarkan
    / listening
2. Berbicara
   / Speaking
3. Membaca
   / Reading
4. Menulis
   / Writting

1. Last holiday, I went to Safari Park. We went there by car. We leaved from home at 6 a.m. We arrived there at 10 a.m.  
2. Narrative text
    - The simple past tense
    - The simple past contiuous  tense















1. Mendengarkan
    / listening
2. Berbicara
   / Speaking
3. Membaca
   / Reading
4. Menulis
   / Writting
    Once upon a time, there was a poor girl, named Cinderela. Since her father has dead, she lived  with her stepmother and her two stepsisters. Cinderela was not only a beautiful but also also a hardworking girl. However her stepmother hated her.
     One day a king wanted to find a good wife for his son,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar