SCANNING CURRICULUM
SMPN 1 WATES
CLASS VIII / SEMESTER I
No
|
COMPETENCE STANDART
|
BASED COMPETENCE
|
SUPPORTING MATERIAL
|
THEME
|
1.
|
Mendengarkan / listening.
Memahami percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
1.1.Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional [to get things done]dan
interpersonal [bersosialisasi]sederhana secara akurat,lancar,dan berterima
untuk berinteraksi dg lingkungan sekitar yg melibatkan tindak tutur
a.
merespon ungkapan meminta,memberi,menolak jasa
b
merespon ungkapan
meminta,memberi ,menolak barang
c.mengakui,mengingkari fakta
d .merespon ungkapan.meminta dan memberi
pendapat
1.2.Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,lancar,dan berterima
untuk berinteraksi dg lingkungan sekitar yg melibatkan tindak tutur:
a. merespon ungkapan mengundang,
menerima dan menolak ajakan.
b. merespon ungkapan menyetujui/tidak
menyetujui
c. merespon ungkapan memuji
d. merespon ungkapan memberi selamat
|
meminta,memberi,
menolak jasa:
A:Let me help you.
B:Thank you
so much.
meminta,memberi,
menolak barang:
A:Can I have a bit?
B:Sure, here you are
Mengakui,meng
ingkari fakta:
- Yes, I did that.
- No, it wasn’t me.
Meminta dan memberi pendapat:
A: What do
you think of this?
B: Not bad.
Mengundang,menerima dan menolak ajakan:
A:Would you
come to my party?
B:I’d love to.
I want to,
but.....
Menyetujui/ tidak menyetujui:
A:I do agree.
B:Thank you
for the support.
Memuji:
A:You have
beautiful hair.
B:Thank
you.
Memberi
selamat:
A:Happpy
birthday.
B:Thank
you.
|
- Friend
ship
- Travel
|
2
|
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
2.1.Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
a.mengidentifikasi informasi yang
terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan
b.mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam
teks fungsional pendek berupa undangan
2.2
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara
akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk deskriptive dan recount.
a.mengidentifikasi informasi /makna
yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount.
b.Mengidentifikasi teks fungsional dan langkah retorika teks descriptive dan recount
|
- Undangan
- Pesan singkat
- Pengumuman
- The
simple present tense
- The
simple past tense
- verb II
- The
simple past continuous tense.
- was, were
|
- Travel
|
3.
|
Berbicara / Speaking
.mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
|
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional [to get things done]dan
interpersonal[bersosialisasi]sederhana dg menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur:
a. bertanya dan menjawab
tentang.meminta memberi menolak jasa
b. bertanya dan menjawab
tentang.meminta memberi menolak barang
c. bertanya dan menjawab
tentang.mengakui mengingkari fakta
d. bertanya dan menjawab
tentang.meminta dan memberi pendapat
3.2
Memahami dan merespon percakapan transaksional[to get things done]dan
interpersonal[bersosialisasi]sederhana dg menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat,lancar dan berterima utk berinteraksi dg lingkungan sekitar yg
melibatkan
a. bertanya dan menjawab tentang
mengundang, menerima dan menolak ajakan
b. bertanya dan menjawab menyetujui
/tidak menyetujui
c. bertanya dan menjawab tentang.memuji.
d. bertanya dan menjawab tentang memberi selamat
|
Modals auxilaries:
-
can
-
may
-
must
-
etc.
Yes/ no answer
-
Could ,
-
Would,
-
agree
-
disagree
|
- Flora dan Fauna
|
4
|
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana yang berbentuk deskriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
.1
Mengungkapkan makna dlm bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
a.
mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan
b.
bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentang teks fungsional
pendek berbentuk undangan
4.2
Mengungkapkan makna dlm monolog pendek sederhana dg menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dg lingkungan
sekitar dlm teks berbentuk deskriptive dan recount.
a. bertanya dan menjawab berbagai
informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk:Recount
b. melakukan monolog pendek dalam bentuk recount
|
||
5.
|
Membaca
( reading) memahami
makna teks tulis fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk deskriptive dan
recount yang berkaitan dg lingkungan sekitar
|
5.1 Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional dan essei berbentuk deskriptiv dan
recount pendek dan sederhana dengan ucapan,tekanan dan intonasi yang
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
a. membaca dengan nyaring dan bermakna
fungsional pendek berbentuk undangan
b. mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks fungsionalpendek berbentuk undangan
5.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara
akurat,lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
a.mengidentifikasi fungsi sosial teks
fungsional pendek berbentuk undangan
b.mengidentifikasi ciri kebahasaan
teks fungsional pendek berbentuk undangan
5.3
Merespon makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana secara
akurat,lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam
teks berbentuk deskriptive dan recount.
a. makna
gagasan
b. makna tekstual dalam teks
descriptive dan recount
c. langkah retorika teks descriptive
dan recount
d. tujuan komunikatif teks descriptive
dan recount
e. ciri kebahasaan teks descriptive
dan recount
|
- Undangan
- Pesan singkat
- Pengumuman
- Notices
- Degrees
of comparison
|
|
6.
|
Menulis (writing)
mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan
essei pendek sederhana berbentuk
deskriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
6.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan linkungan sekitar
a.melengkapi rumpang teks fungsional
pendek
b. menyusun kata menjadi teks
fungsional yang bermakna
c.menulis teks fungsional pendek
6.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk deskriptive dan
recount
a. melengkapi rumpang teks essei
pendek berbentuk descriptive
b. menyusun kalimat menjadi teks yang
bermakna dalam bentuk descriptive
c .teks tulis
|
CLASS VIII / SEMESTER II
NO
|
COMPETENCE STANDART
|
BASED COMPETENCE
|
SUPPORTING MATERIAL
|
THEME
|
1.
|
Mendengarkan / listening.
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional pendek sederhana untuk berinteraksi
denagan lingkungan sekitar.
|
Merespon makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan
interpersonal ( bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat melibatkan tindak
tutur:
a. Merespon
ungkapan meminta, memberi, menolak
jasa
b.
Merespon ungkapan meminta, memberi, dan menolak barang
c. Merespon ungkapan
meminta, memberi dan mengingkari informasi
d.
Merespon ungkapan
meminta, memberi, menolak pendapat
e. Merespon ungkapan meminta, menerima, menolak
tawaran
Merespon makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get thing done ) dan
interpersonal ( bersosialisasi ) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat melibatkan tindak
tutur:
a. Merespon ungkapan meminta,
memberi persetujuan,
b. Merespon ungkapan pernyataan,
c. Merespon ungkapan memberi perhatian
terhadap pembicara,
d. Mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan,
e. Merespon
ungkapan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
1.Modal
Auxilaries:
-
Can,
-
May
-
Must
-
Shall
-
Will
-
Could
-
Would
-
Should
2. Command
3. Request
1. Yes / No question
2. Ucapan terima kasih
|
Teenage life
|
2.
|
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
Merespon makna
yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
a. Mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks fungsional pendek undangan, pengumuman, pesan singkat
b. Mengindentifikasi tujuan
komunikatif teks fungsional pendek.
Merespon makna
yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount.
a. mengidentifikasi berbagai informasi dalam
teks monolog naratif.
b. mengidentifikasi tujuan komunikatif
teks naratif.
|
1.Undangan
2 Pesan singkat
3.Pengumuman
1. The
Simple Past tense
2. The
Simple Past Continuous Tense
3. Conjunction
|
|
3.
|
Berbicara / Speaking
9. Mengungkap
kan makna dalam percakapan
transaksional dan interpeersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
|
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur:
a. bertanya dan menjawab tentang meminta,
memberi, menolak jasa,
b. bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi, menolak barang,
c. bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi dan
mengingkari informasi,
d. bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
e bertanya dan menjawab tentang menawarkan, menerima, menolak sesuatu.
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur:
a. bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi persetujuan,
b bertanya dan menjawab tentang merespon pernyataan,
c.bertanya dan menjawab tentang memberi perhatian terhadap bicara,
d. mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan serta
e.mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
1.Modal
Auxilaries:
-
Can,
-
May
-
Must
-
Shall
-
Will
-
Could
-
Would
-
Should
2. Command
3. Request
1. Yes / No question
2. Ucapan terima kasih
|
|
4.
|
10. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
Mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
a. mengungkapkan secara lisan
teks fungsional:
- pengumuman
- undangan
- pesan singkat
b. bertanya dan menjawab secara lisan
berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative.
-. melakukan monolog pendek
sederhana dalam bentuk narrative dan recount
|
1.Undangan
2 Pesan singkat
3.Pengumuma n
|
- Recrea
tion
- Health
|
5.
|
Membaca/ Reading
11. Memahami
makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berteima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar.
a. membaca nyaring dan bermakna teks
essai berbentuk narrative/ recount.
b.mengidentifikasi
berbagai makna teks narrative/ recount.
c. mengidentifikasi tujuan
komunikatif teks narrative/ recount.
d. mengidentifikasi langkah
retorika dan ciri kebahasaan teks narrative/
recount.
Merespon makna
dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
a. mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional
b. mengidentifikasi tujuan komunikatif
teks fungsional
c. mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
fungsional
Merespon makna
dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
a. membaca nyaring dan bermakna teks
essai berbentuk narrative/ recount.
b. mengidentifikasi
berbagai makna teks narrative/ recount.
c. mengidentifikasi tujuan
komunikatif teks narrative/ recount.
d. mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative/ recount
|
1. The
Simple Past tense
2. The
Simple Past Continuous Tense
3. Conjunction
1.Undangan
2 Pesan singkat
3.Pengumuman
|
-Season
-Fable
-Folklore
|
6.
|
Menulis / Writing
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
12.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks
fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
a. menulis teks fungsional berbentuk
- pengumuman
- undangan
- pesan singkat
12.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative
a.
menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah
retorika yang benar.
|
1.Undangan
2 Pesan singkat
3.Pengumuma n
1. The
Simple Past tense
2. The
Simple Past Continuous Tense
|
BASED COMPETENCE
Kompetensi Dasar
|
COMPETENCE STANDART
( Standar kompetensi)
|
MATERIAL
|
A.1. Meminta, memberi, menolak barang,
2. meminta,
memberi, menolak pendapat,
-- 3.
menawarkan/menerima/
menolak
sesuatu.
B.1.Meminta,
memberi, menolak jasa,
2.
Meminta,memberi menolak barang,
3.meminta,
memberi dan mengingkari informasi,
4.meminta, memberi, dan menolak pendapat,
dan
5. menawarkan / menerima / menolak sesuatu
C1Meminta,
memberi persetujuan 2.merespon
pernyataan,
3. memberi perhatian terhadap pembicara,
4.mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan,
5.mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
1.Modal
Auxilaries:
2. Command
3. Request
1. Yes / No question
2. Ucapan terima kasih
|
1. Mendengarkan / Listening
2. Berbicara /
Speaking
|
1. A: Can I have a bit?
B: Sure here you are.
2. A: Do you think it is good?
B: I think so.
3. A. Would you like some tea?
B: Yes,
please. /
No, thank you.
1. A: Do
you mind lending me some money?
B: No problems.
2. A: Can I have a
bit?
B: Sure here you are.
3. A: Do you like it? Have you done it?
B: Yes, I do./ No, I haven’t.
4. A: Do you think
it is good?
B: I
think it is so. /
Sorry I can’t ay anything.
5. A. Would you
like some tea?
B: Yes, please. /
No,
thank you.
1. A: What if we do
it again?
B: Fine with me.
2. Do you have to?
3. Right / I see / Hm mm ../ Yeah
4. Hello, excuse me
....
Did you ? Were
you?
Thanks / Bye /
See you
5. Could I speak to ..... please?
Well I’m calling
to.
Nice talking to
you.
1.- Can,
may, must, shall, will, could, would, should.
2.- Take me
some chalk!
3.- Would
you take me some tea?
4.- Yes,
thank you. / No, thanks.
5.- Thank
you / thanks.
|
1. Recount text
- The simple
past tense
- The simple
past continuous
tense
|
1. Mendengarkan
/ listening
2. Berbicara
/ Speaking
3. Membaca
/ Reading
4. Menulis
/ Writting
|
1. Last holiday, I went to Safari Park. We went there by
car. We leaved from home at 6 a.m. We arrived there at 10 a.m.
|
2. Narrative text
- The simple
past tense
- The simple past contiuous tense
|
1. Mendengarkan
/ listening
2. Berbicara
/ Speaking
3. Membaca
/ Reading
4. Menulis
/ Writting
|
Once upon a
time, there was a poor girl, named Cinderela. Since her father has dead, she
lived with her stepmother and her two
stepsisters. Cinderela was not only a beautiful but also also a hardworking
girl. However her stepmother hated her.
One day a king
wanted to find a good wife for his son,
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar